Piye kabare ? penaak baca post ku toh ? :D
“Yo yo yoo,, niatnya blog ini saya gunakan untuk dokmentasi
semua percobaan yang saya lakukan, tapi saat ini hanya bisa digunakan untuk
melaksanakan tugas. Sepurane pemirsaaa,,,do’a kan nanti bisa melaksanakan”
Kita langsung saja ke topik utama, class. Jika kita bicara
tentang programing dengan orientasi objek maka kita gk akan jauh-jauh dari yang
namanya class. Class merupakan sekumpulan element variable dan element
function, kita juga bisa menentukan apakah sebuah variable atau fungsi didalam
class bisa diakses oleh fungsi mana saja.
Class mirip dengan struct, namun dengan class kita bisa
memasukkan function. Dan perbedaan yang lain adalah akses default nya, jika
struct akses default adalah public, maka class akses defaultnya adalah private.
That’s it. (setauku)
Ini adalah contoh syntax dasar untuk class.
Di sebelah kiri itu syntax umumnya, kanan itu contohnya…
Nah seperti itulah kurang lebih penampakan sebuah class
dalam sebuah programing, gampang tooh,,
Yaaah kita lanjut aja ke tujuan post ini dibuat, contoh
pograming dengan class dan modifikasinya. Contoh ini diambil dari modul kuliah
sedangkan modifikasinya berasal dari imajinasi penulis,, do not mesh up…
--> Contoh programing class 1 dari modul :
Dijelaskan tiap baris ya..
Baris 6,, disini
kita mendeklarasikan sebuah class dengan nama ‘CRectangle’.
Baris 7,, mendeklarasikan
variable ‘x’ dan ‘y’, nilai x dan y adalah private karena akses default dari
class adalah private.
Baris 8,, kita
menentukan tingkatan akses public untuk fungsi dibawahnya.
Baris 9-11,, kita mendeklarasikan sebuah fungsi ‘set_value’ dan juga
fungsi ‘area’
Baris 15,, kita membuat sebuah fungsi void dengan nama ‘CRectangle’ dan
mendefinisikan fungsi ‘set_value’ yang kita ambil dari class,, tanda scope ::
berfungsi untuk melegalkan tindakan pendefinisian fungsi diluar class. Dan mendeklarasikan
variable a & b.
Baris 16-17,, variable ‘a’ yang akan diberikan nanti, jadi dibuatlah ‘x=a’
, dan yang lain juga sama.
Baris 21,, kita mendeklarasikan sebuah variable dengan nama ‘rect’ untuk
class CRectangle.
Baris 22,, dari variable ‘rect’ kita memanggil fungsi ‘set_value’ dari
class, dan mengisinya dengan nilai 3 dan 4,, yang di isi adalah nilai integer a
& b.
Baris 23,, membuat out dari program, pertama menampilkan “Area : “ dan
menampilkan hasil dari rect.area ,,,
Jika susah dipahami logika
pemrogramannya coba bayangkan seperti ini..
Pertama pada main, nilai integer a
& b diberi nilai 3 & 4, kemudian integer a dan b di ubah menjadi
integer x & y pada fungsi void CRectangle. Setelah itu diolah didalam class
nilai x*y. jadiilaaah..
Gampang ttoooohh,, semoga bener
yaa seperti itu,,
Melihat contoh 1 sudah sepanjang
itu, untuk selanjutnya tidak akan dibahas perbaris ya, namun logika pemrogramannya
saja dan beberapa yang perlu saja. Ayyeee,, semoga bingung.
--> Contoh modifikasi programing class
1 :
Modifikasi hanya menambah dan
merubah nama, berikut perubahannya.
-
(baris 6) nama class dirubah menjadi balok, jadi
kita mencari volume.
-
(baris 7) penambahan integer z
-
(baris 9) penambahan semula 2 menjadi 3 (int, int, int)
-
(baris 10) mengubah nama variable menjadi volume
-
(baris 11) memasukkan rumus volume balok.
-
(baris 15) penambahan kandidat integer c.
-
Sisanya sama hanya mengganti nama. Kreasikan dengan
ide anda sendiri ..
-
Simple toooh,,,
-
Modifikasi tidak sesulit membangun dari awal,
-
Maka jadilah orang yang mengawali.
--> Contoh programing class 2 dari modul :
Sama sperti contoh 1, namun contoh
ini mengerjakan 2 variable berbeda dengan class yang sama dan fungsi yang sama
secara sekaligus.
Jadi dari contoh ini kita bisa
mengetahui bahwa dari satu class bisa dilakukan beberapa dan dibuatkan variable
lebih dari satu dan dikerjakan secara bersamaan.
--> Contoh modifikasi programing class
2 :
Sama dengan contoh diatas,
modifikasi ini juga cuman begitu begitu aja,,,
Bosen yooo,, ngeneee took,,,
humhh..lanjutt
Kalau ini udah jelas semua yaa,
karena semua fungsi di class p_panjang adalah public, jadi bisa langsung di
akses dari main,,, lanjuuutt
--> Contoh modifikasi programing class
3 :
Karena dari tadi nilainya langsung
ditentukan dari program, kali ini modifikasinya memasukkan nilai ketika program
dijlankan. Beginilah jadinyaa,,
Tinggal edit dibaris 15 dan 16,,,
just that simple,,
Actually saya mau kasi contoh
modifikasi yang lebih keren lagi,, karena waktu kali ini terbatas jadi cukup
sampai disini ya,,,
Postingan kali ini rasanya agak
aneh, terlalu mendidik, kurang menjerumuskan. Yooosshh, postingan selanjutnya
asti lebih menjerumuskan ,,, tunggu ya,,
wassalamualaikumwaahmatullahiwabaraatuh
0 komentar:
Posting Komentar